Aktivitas Digital Masyarakat Dorong Pertumbuhan Trafik Layanan Data Telkomsel

5

Jakarta – Telkomsel mengawali 2021 dengan memperdalam peran sebagai connectivity enabler untuk melanjutkan inisiatif optimalisasi jaringan broadband dan layanan yang dilakukan saat momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (NARU 2020/2021). Tercatat selama periode tersebut, trafik layanan data atau payload Telkomsel yang dimanfaatkan masyarakat mencapai sekira 36,61 petabyte.

Lonjakan trafik komunikasi data tersebut mempertegas wujud nyata komitmen Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital yang terus bergerak maju menghadirkan kenyamanan pelanggan dalam mengakses produk dan layanan berbasis digital melalui jaringan broadband Telkomsel berteknologi terdepan yang andal, terluas, dan merata sepanjang 2021 nantinya.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, “Kami sangat antusias bisa kembali menghadirkan semangat yang membuka banyak peluang guna membuka tahun yang baru bersama masyarakat di seluruh penjuru negeri walau di tengah masa pandemi COVID-19 yang penuh tantangan seperti saat ini.

Telkomsel mencatat Jika dibandingkan dengan hari biasa di tahun 2020, trafik komunikasi khusus di momen hari raya Natal 2020 mengalami peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan data/digital dengan kenaikan payload sebesar 7,77%. Sedangkan jika dibandingkan dengan hari Natal 2019, trafik data di hari Natal 2020 pun tumbuh sekira 45,98%.

Pencapaian tersebut tentunya didorong dari perubahan perilaku pelanggan yang semakin kuat mengadopsi layanan digital untuk mendukung aktivitas keseharian.

Selain itu, Telkomsel juga menemukan sejumlah aplikasi digital seperti Telegram, Netflix, MAXstream, TikTok, WhatsApp, dan Instagram sebagai enam platform yang memberikan kontribusi tertinggi terhadap trafik penggunaan layanan data secara umum.

Secara keseluruhan, platform media sosial menjadi saluran yang paling sering diakses oleh pelanggan dengan proporsi 30,19% dari total jenis layanan berbasis data yang diakses selama momen NARU 2020/2021, diikuti video, communications, games, dan e-commerce yang secara berurutan memiliki proporsi 28,27%, 19,58%, 2,64%, dan 1,85%.

Menariknya lagi, Telkomsel juga menemukan adanya peningkatan pemakaian dari tiga layanan digital Telkomsel yakni CloudX, VoLTE, dan MAXstream.  Setyanto lebih lanjut menambahkan, pencapaian tersebut menunjukkan peningkatan tren video streaming secara keseluruhan serta semakin tumbuhnya minat pelanggan untuk menikmati hiburan digital berkelas dunia dan berkualitas yang disajikan MAXstream, untuk mengisi waktu liburan NARU 2020/2020.

Angka tersebut juga menunjukkan akan adanya kebutuhan pelanggan untuk terus terhubung dengan kerabat terdekat melalui berbagai macam saluran, terlebih momen pergantian tahun ini masih harus dirayakan dengan memaksimalkan aktivitas digital dan pertemuan virtual sebagai dampak untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru di masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

“Kami sangat mengapresiasi dan semakin terinspirasi karena ragam inovasi layanan digital dari Telkomsel nyatanya dapat berguna dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini semakin memacu kami untuk menghadirkan inovasi layanan berbasis digital yang lebih memberikan dampak dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat di setiap fase kehidupan,” ungkap Setyanto (Red/CN/Nur)