Sinergitas Koramil 16/Margasari dalam Berperan Aktif Penanganan Covid 19

26

Slawi – Sesuai Surat Edaran Bupati nomor 360/1425/tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Inveksi Corona virus disease 2019 (Covid-19) satuan Tugas Penanganan Covid-19 Polres Tegal membentuk pos pemantauan guna mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan masyarakat selama musim libur akhir tahun .

Sepertihalnya di wilayah Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal, Pos Pengamanan (Pospam) di Jalan Raya Klonengan Desa Pakulaut Kecamatan Margasari nampak menjadi lokasi pemantauan penanganan covid 19 bagi arus mudik saat libur awal tahun.

” Kehadiran kami disini untuk membantu melakukan pengawasan arus mudik liburan Tahun Baru dan dibantu dengan otoritas transportasi dan didukung kementerian/lembaga maupun TNI-Polri akan memastikan regulasi ini bisa berjalan efektif dan tujuan mencegah dan mengurangi penularan Covid-19 bisa tercapai,” Pungkas Danramil 16 / Margasari Kapten Inf Agus Kuntoro. Senin (4/1/2021)

Lebih lanjut Dirinya menambahkan penanganan Covid-19 daerah yang dibantu otoritas penyelenggara transportasi umum bersama-sama menyelenggarakan pengendalian perjalanan orang dan transportasi umum yang aman Covid-19 dengan membentuk Pos Pengamanan Terpadu.

Menyoal otoritas, Agus Kuntoro menerangkan, bahwa otoritas pengelola, dan penyelenggara transportasi umum menugaskan pengawasan selama penyelenggaraan operasional transportasi umum. Pemerintah daerah, kementerian/lembaga, juga TNI/Polri, diberi kuasa untuk menghentikan dan/atau melarang perjalanan seseorang jika dinilai melanggar aturan ini.

Surat edaran itu berisi instruksi detail kewajiban pelaku perjalanan selama masa libur panjang dari 19 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021. bahwa tiap pelaku perjalanan wajib membawa dokumen rapid tes antigen dengan hasil negatif dengan jangka waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan, jika ingin bepergian ke luar kota.

Hal ini berdasar pengalaman tiga liburan sebelumnya, mobilitas warga selalu memicu peningkatan kasus penularan baru. Oleh karena itu sudah seharusnya warga untuk lebih patuh dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.(Red/CN/Nrs)