Menjalin Kerukunan, Geliat Markoss Berawal dari Tak Saling Mengenal

20

Slawi – Margasari Komunitas Sepeda Sehat (Markoss) merupakan komunitas para penggemar olah raga sepeda yang dibentuk sejak dua tahun lalu dengan terdiri dari berbagai golongan dan usia masyarakat yang berada di tiga belas (13) Desa dalam satu wilayah Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.

Uniknya dalam Komunitas sepeda tersebut, hampir rata rata para pesepedah ini menggunakan sepeda yang digunakan saat jaman perang atau biasa yang dikenal dengan ontel sejenis sepeda tua produksi berbagai negara kala itu, namun tak dipungkiri dalam komunitas ini pun adapula yang menggunakan sepeda buatan dan produksi saat ini dengan berbagai merk trend dan masih banyak di jual pasaran.

Ada yang menjadi kesan dalam komunitas Markoss, erat dan kuatnya jalinan persaudaraan, loyalitas solidaritas yang tinggi terhadap kepedulian sesama anggota menjadi dasar berlangsungnya Komunitas Markoss padahal jika ditelusuri sebelumnya mereka tak satupun saling mengenal, terlebih lagi dalam area wilayah Kecamatan Margasari meliputi tiga belas Desa

Alhasil dideklarasikannya Komunitas Markoss beberapa tahun lalu menjadi kekuatan silahturahim masyarakat antar desa di kecamatan tersebut dengan berbagai tingkat usia.
“Ini bukti kecintaan kami pada daerah sendiri dengan berolahraga sepeda jalinan persaudaraan semakin terpupuk erat” ujar Ketua Markoss Gunarto setiap memberikan sambutan usai bersepeda bersama di kegiatan rutin setiap minggu.

Tidak hanya sampai disitu saja, kegiatan peduli kebersamaan antar sesama anggota pun terkadang muncul spontan, sepertihalnya menjenguk anggota maupun keluarga yang sedang mengalami sakit atau musibah maupun yang sedang berbahagia alias hajatan, bahkan rutinitas giat minggu pagi tersebut juga diselang dengan beristirahat di tempat tinggal anggota secara bergantian.

Sejatinya keberadaan dan sepak terjang komunitas Margasari Komunitas Sepeda Sehat (Markoss) ini dapat menjadi contoh bagi kelompok masyarakat lain dalam menjalin kebersamaan dan persaudaraan dalam satu kecamatan tanpa memandang status maupun golongan tertentu.

Kini dua tahun sudah Komunitas Markoss berlangsung, kehebohan hingga semaraknya canda dan geliat aktifitas yang terkadang tersembul dalam chatingan Grup Media Sosial WhatApps dan pertemuan rutin menjadi bagian keeratan persaudaraan, sehingga kelak selamanya Komunitas Markoss menjadi salah satu komunitas penyambung interaksi kerukunan masyarakat di wilayah Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. (Red/CN)