Hasil Rilis Bersama SP 2020 Mencatat, Kabupaten Brebes Rangking Pertama Se Jawa Tengah

6

Brebes – Badan Pusat Setatistik (BPS) bersama Kementrian Dalam Negeri merilis bersama Hasil Sensus Penduduk tahun 2020 dan Data Administrasi Kependudukan (Adminduk) tahun 2020 di Hall Room Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (21/1) dan dilaksanakan secara online mencatat bahwa Kabupaten Brebes menempati rangking pertama untuk jumlah penduduk di Jawa Tengah dibandingkan dengan Cilacap sebanyak 1,94 juta jiwa urutan ke dua, Banyumas 1,78 juta jiwa urutan ke tiga dan keempat Kota Semarang sebanyak 1,65 juta jiwa.

Selain itu secara Virtual di Kabupaten Brebes juga diikuti Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH , Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Drs Tatag Koes Adiyanto, Kepala BPS Brebes Dra Prita Rextiana MM, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Mayang Sri Herbimo, serta Kepala Dinpermades Subagya, dari ruang rapat Setda Brebes.

Menyoal hal tersebut, melalui Humas Diskominfotik, Wakil Bupati Brebes H. Narjo, SH meyampaikan, jumlah penduduk yang besar merupakan tantangan bagi Brebes. Untuk itu, perlunya peningkatan Sumber Daya Manusia (Brebes) agar penduduk Brebes makin berkualitas.

“Penduduk yang banyak menjadi peluang sekaligus tantangan untuk pembangunan Kabupaten Brebes,”

Pemkab Brebes, akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk peningkatan kualitas SDM serta tersedianya lapangan kerja, antara lain di bangunnya Kawasan Industri Brebes dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes. Saya optimis, Brebes makin hebat dengan penduduk yang banyak, tandas Narjo.

Pada level Nasional jumlah penduduk hasil SP2020 sudah selaras dengan data Adminduk yang ada di Kemendagri, perbedaan jumlah tersebut merupakan gambaran banyaknya penduduk yang melakukan perpindahan, baik untuk keperluan bekerja, sekolah maupun alasan lainya. (Red/Tim/Hms)