Suasana Haru Penjemputan Jenazah Prajurit Terbaik TNI AD di Bandara Soetta Cengkareng

14

Jakarta – Susana Haru menyelimuti Gudang Kargo Batik Air Terminal Kargo Bandara Soetta Cengkareng, Sabtu (23/1) mengiringi suasana penjemputan  jenazah kedua prajurit TNI AD yang gugur di Papua yakni Almarhum   Praka (Anm) Roy Vebriyanto dan almarhum Praka (Anm) Dedi Hamdani Anggota Yonif Raider 400/BR Kodam IV/Dip, kedua orajurit tersebut meninggal dunia dikarenakan kontak tembak dengan KKB di Papua

Insiden yang terjadi hari Jumat tanggal 22 Januari 2021 mengakibatkan meninggalnya Prajurit terbaik TNI dari Yonif R 400/BR, yang gugur ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Keluarga besar Kodam Jaya/Jayakata turut berduka cita serta menyampaikan bela sungkawa atas tertembaknya Prajurit tersebut.

Kapendam Jaya Letkol Arh Herwin Budi Saputra, atas nama keluarga besar Kodam Jaya turut menyampaikan rasa duka yang mendalam “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”, Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali, Kodam Jaya mengucapkan bela sungkawa yang sedalam- dalamnya atas meninggalnya Prajurit TNI tersebut.

Sesuai informasi bahwa Prajurit TNI yang tertembak KKB tersebut atas nama Pratu Roy Vebrianto dan Pratu Dedi Hamdani dari kesatuan Yonif Raider 400/BR, yang sedang bertugas di Papua. Kedua Prajurit tersebut diserang dengan senjata dari arah hutan secara membabi buta oleh KKB, tepatnya di hutan yang terletak antara kampung Sugapa Lama dan kampung Hitadipa, Keduanya hendak dibawa ke rumah sakit di Timika, Papua. Namun, Pratu Roy dan Pratu Dedi meninggal dunia dalam perjalanan ke Timika.

Lebih Lanjut, Kapendam Jaya menjelaskan,  Sabtu tanggal 23 Januari 2021 pukul 15.22 s.d 16.40 WIB bertempat di Gudang Kargo Batik Air Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta telah dilaksanakan penjemputan kedatangan jenazah Praka (Anm) Roy Vebriyanto dan Praka (Anm) Dedi Hamdani Anggota Yonif Raider 400/Kodam IV/Diponegoro.

“Kodam Jaya tidak luput turut serta dalam prosesi penjemputan jenazah tersebut, diawali degan proses penerimaan di Cargo, upacara penghormatan Militer dengan melibatkan Kesatuan Yonkav 9/SDK Kodam Jaya, kemudian pengawalan Jenazah oleh Pomdam Jaya”, ujar Kapendam Jaya.

Untuk jenazah Alm. Praka (Anm) Roy Febrianto, dengan menggunakan Unit Ambulance, dengan pengawalandari Pomdam Jaya diberangkatkan menuju rumah duka Komp. Bumi Sari Indah Blok F No. 07 RT. 003 RW. 017 Desa. Manggahang Kec. Baleendah Kab. Bandung Prov. Jabar.

Sementara untuk Jenazah Alm Praka (Anm) Dedi Hamdani saat ini di semayamkan di Terminal Cargo Cengkareng menunggu penerbangan lanjutan menuju Lombok, sesuai rencana hari Minggu tanggal 24 Januari 2021 pukul 11.50 WIB dengan pesawat Batik Air ID-6658. Jenazah Alm. Praka (Anm) Dedi Hamdani rencana akan di semayamkan di rumah duka di Dusun Bagik dewa, Kel. pelambik Kec. Praya barat daya, Kab. Lombok tengah, pungkas Kapendam Jaya.

Hadir dalam prosesi penjemputan kedua jenazah di Bandara Sutta, selain Pasukan dari Yonkav 9/SDK juga hadir : Wakogabwilhan III Kolonel Laut Agus Cahyono, Kamak Kohartap 1/JKT Letkol Arm Sony Adi dan dari Spersad Kapten Arm Irman.(Red/Sumber Kodam Jaya)