IKM dan UKM Kota Tegal Miliki Ruang Baru

5

TEGAL – Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Kota Tegal, kini memiliki ruang pamer baru.

Ruang pamer tersebut berlokasi di Gedung Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Tegal, eks Kantor Samsat di Komplek Balai Kota Tegal dan diresmikan langsung Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, Selasa (26/1).

Saat meresmikan Gedung Dekranas, Wali Kota Tegal berharap IKM dan UMKM yang ada di Kota Tegal bisa tumbuh dan semakin berkembang.

“Saya meresmikan gedung Dekranas yang baru, dan UMKM Center ini diharapkan kita bisa menumbuhkan IKM dan UMKM yang ada di kota Tegal semakin berkembang,” tutur Dedy Yon.

Dedy Yon juga menyampaikan bahwa di Gedung Dekranas baru ini juga ada perwakilan dari Industri Jasa Keuangan,  yang nantinya bisa memberikan bantuan permodalan pagi pelaku UMKM. “Sehingga bagi pelaku UMKM yang sudah berjalan akan semakin berkembang lagi karena sudah didukung oleh industri jasa keuangan yang sudah di tunjuk yang siap membantu IKM UMKM di Kota Tegal,” kata Dedy Yon optimis.

Selain itu, ditambahkan Dedy Yon, tempat tersebut menjadi wadah UMKM sehingga diharapkan komunikasi dan informasi  dan promosi IKM dan UMKM akan lebih mudah lagi.

“Karena  selain di Gedung ini juga saya berharap ruang publik yang menjadi destinasi wisata yang ada di Alun-alun dan Lapangan Pancasila nantinya juga setiap weekend akan ada pameran-pameran yang tempatnya akan disediakan oleh Pemerintah Kota Tegal,” sebut Dedy Yon.

Selain tempatnya, untuk fasilitasnya juga disiapkan oleh Pemerintah Kota Tegal. Sehingga untuk penataannya akan tertata dengan baik dan tetap bersih tidak ada sampah-sampah yang berserakan.

Rencananya ada di pusat jajanan rakyat yang akan dibangun, yang kedua ada di Waterleideng PDAM Kota Tegal dan yang ketiga pihaknya berencana berkomunikasi dengan PT. KAI sehingga halaman Birao yang menjadi salah satu destinasi wisata nanti bisa diperbolehkan untuk pameran produk-produk IKM kota Tegal.

“Kita berencanan nanti akan upayakan ada 150 UMKM yang dibagi kedalam tiga tempat tersebut dan tempatnya tidak monoton dan terus bergilir” Jelas Dedy Yon.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ludy Arlianto yang hadir dalam peresmian tersebut menyampaikan jika ada pelaku UMKM di Kota Tegal butuh  berkonsultasi, bisa ke UMKM Center.

Menurutnya UMKM center ini akan menjadi pusat informasi, pusat pelayanan terpadu dan sebagai tanda awal gerakan bangkit UMKM akan kita  Kick Of di kota Tegal, tempat meeting point, tempat diskusinya  sudah ada, tinggal bagaimana UMKM bisa mensikapi dengan positif.

“Jika selama ini malas ke bank, nanti langsung aja ke UMKM Centre, ini beroperasi setiap hari, siapa saja UMKM di Kota Tegal bisa berkonsultasi, dan berdiskusi disini, yang penting ada niatan untuk maju,” ujar Ludy Arlianto. (Red)