Vaksinasi Termin Pertama Kabupaten Tegal

5

Slawi – Vaksinasi Covid-19 termin pertama resmi dimulai. Penyuntikan vaksin perdana kepada sejumlah tokoh kunci di Gedung Rajawali RSUD dr Soeseslo Slawi, Senin (25/01/2021) pagi menjadi penanda dimulainya vaksinasi Covid-19 Kabupaten Tegal. Rencananya, vaksinasi ini akan berlanjut kepada 5.620 orang tenaga kesehatan yang ditargetkan rampung pada Kamis (28/01/2021) mendatang.

Selanjutnya Ketua DPRD Kabupaten Tegal Agus Salim menjadi orang pertama yang berkesempatan disuntik vaksin Covid-19 produksi Sinovac, China dan kesempatan berikutnya  Kapolres Tegal AKBP Muhammad Ikbal Simatupang disusul Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Hendadi Setiadji, Direktur RSUD dr. Soeselo Slawi Guntur Muhammad Taqwin dan perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Tegal Bening Priambudi.

Sedangkan tujuan dari vaksinasi ini, adalah membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) sebagai komunitas yang memiliki imun atau kekebalan tubuh terhadap infeksi virus Covid-19.

“Dengan tingkat efikasi atau kemanjuran vaksinnya yang di atas 60 persen, dan nantinya 70 persen hingga 90 persen populasi penduduk kita berhasil diimunisasi, maka herd immunity akan bisa terbangun dan Indonesia bahkan dunia segera terbebas dari pandemi Covid-19, seperti halnya perjuangan generasi Bangsa Indonesia terdahulu terbebas dari pandemi kolera, cacar dan campak,” terang Bupati Tegal saat membuka pencanangan vaksin.(Red/ foto dok Hunaskabtegal)