Tekan Penyebaran Covid 19, Wali Kota Tegal Minta Peran Camat dan Lurah Lebih Aktif

2

Tegal – Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono secara tegas didampingi Wakil Walikota dalam pembahasan khusus di Pringgitan Balai Kota Tegal, Kamis (4/2) berharap gerakan ini  dibarengi dengan operasi yustisi yang melibatkan Satpol PP dan TNI/Polri dan instansi terkait di seluruh Wilayah Kota Tegal utamanya dalam melaskanakan gerakan “di Rumah Saja”.

Selain itu, mendorong lebih aktif peran Camat dan Lurah dalam operasi serentak untuk mendukung fungsi Puskesmas dalam pelaksanaan 3T (Testing, Tracing an Treatmen) dan promosi kesehatan.

Lebih lanjut Dedy Yon meminta dengan tegas agar percepatan penambahan tempat tidur isolasi dan tempat tidur ICU untuk penanganan Covid-19 di rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta dengan proporsi aman (Tempat tidur isolasi minimal 30% dari ketersediaan tempat tidur dan kesersediaan tempat tidur ICU minimal 15 tempat tidur).

“Meningkatkan pengoperasionalan tempat isolasi khusus atau terpusat bagi warga yang menderita Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan untuk dikelola sesuai ketentuan yang berlaku dengan menggunakan fasilitas dan aset pemerintah dan hotel,” pungkas Dedy Yon.

Dedy Yon mendorong percepatan pelaksanaan vaksinasi di Kota Tegal sesuai sasaran, target dan tahapan dengan tetap menjaga dan meningkatkan kinerja pencapaian vaksinasi yang sudah dicapai.

Kemudian, agar pelaskanaan berjalan efektif, untuk berkoordinasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, instansi vertikal, asosiasi usaha, BUMN/BUMD, dan pihak terkait hanya untuk melakukan sosialisasi dan komunikasi kepada masyarakat dan dunia usaha diwilayah masing-masing.

Kepala Kepolisian Resort Tegal Kota dan Komandan Distrik Militer 0712/Tegal serta Komandan Pangkalan TNI AL Tegal dimohon bantuannya untuk mendukung pelaksanaan peningkatan kedisiplinan dan pengetatan protokol kesehatan pada Pemberlakuan Kegiatan Pengendalian penyebaran Covid 19 Tahap II di Kota Tegal sesuai kewenangan sampai level terbawah.

Selain itu, dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat, Pemkot Tegal membuka layanan informasi/call center melalui media masa (baik elektronik maupun cetak) media sosial dan/atau melalui Call Center Kota Tegal (Layanan Kota Tegal tanggap Covid 19: 082211555119). (Red)