Sosialisasi Perda No.10 Tahun 2020, Kodim Tegal Kedepankan Sisi Kemanusiaan

12

Tegal –  Sosialisasi Peraturan Daerah Kota Tegal Nomor 10 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 di Kota Tegal, Rabu (23/2) Kapten Arh Asep Koswara mewakili Kodim 0712/Tegal menjadi narasumber sesuai petunjuk Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P..

Dalam penyampaiannya sebagai Narasumber,  perkembangan situasi KLB Kota Tegal karena Covid-19  melaksanakan Operasi Bantuan Kemanusiaan Penanggulangan KLB Covid-19 dan wabah lainnya meliputi pencegahan, penanganan dan pemulihan memerlukan keterlibatan Kodim 0712/Tegal dan Jajarannya.

Secara tegas juga disampaikan dalam acara tersebut yang dilaksanakan di Tegalsari Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal Kodim 0712/ Tegal  berperan aktif dengan kekuatan Sinergitas 3 Pilar Kota Tegal dalam penyelenggaraan adaptasi kebiasaan baru penanggulangan Covid-19 yang meliputi disiplin penggunaan masker dan kebersihan tangan, pembatasan interaksi fisik(physical distancing), menghidari kerumunan, penyesuaian kegiatandan aktifitas masyarakat serta pengendalian moda transportasi.

Dalam situasi seperti ini, Kodim 0712/Tegal mendorong peran aktif masyarakat dan partisipasinya dalam wadah relawan, pendanaan, pengawasan, pendampingan dan partisipasi lainnya yang bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam pencegahan penularan Covid-19.

Dalam pelaksanaan penegakan disiplin protokol kesehatan, Kodim 0712/Tegal dan jajaran melaksanakan dalam beberapa cara. Sosialisasi, razia dan penertiban dengan pendekatan persuasif yang humanis diutamakan hal ini agar maksimal dalam pelaksanaannya dan solutif dalam evaluasinya (sumber Pendim 0712/Tegal )