Sejalan Dengan Program Merdeka Sampah, Pemkab Tegal Gerak Cepat Tangani Sampah di Jalur Jalan Nasional

4

Slawi –  Terkait adanya laporan permasalahan sampah yang masuk ke aduan Aplikasi Lapor Bupati Tegal, tentang menumpuknya sampah di Jalan Nasional tepatnya didepan pasar Margasari yang mengganggu aktivitas masyarakat, seperti menimbulkan bau yang tidak sedap dan pemandangan disekitar area pasar, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Bagian Humas telah melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan Margasari dan Dinas lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal untuk pembersihan sampah pada  Senin, (26/04/21). Dilaporkan, tumpukan sampah telah diangkut oleh tiga armada truk sampah dan selanjutnya akan ada pemantauan serta penindakan kepada yang membuang sampah di lokasi tersebut dari Dinas terkait.

Himbauan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan yang massif perlu dilakukan, serta perlu adanya papan peringatan bahwa lokasi tersebut bukan tempat untuk membuang sampah. Kemudian, pihak Kecamatan Margasari sendiri sebenarnya sudah mempunyai Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS)  yang terletak di Dukuh Gesing Desa Wanasari.

Akhirnya dapat kami simpulkan, permasalahan sampah yang menumpuk bukan hanya tugas Pemerintah Kabupaten Tegal saja tapi perlu adanya kerjasama dari berbagai elemen masyarakat baik warga, tokoh masyarakat maupun Dinas terkait sejalan dengan Program Pemerintah Kabupaten Tegal yaitu Program Merdeka Sampah. (Red)