Pencanangan “Bersinar” Secara Virtual

3

TEGAL – Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono mengikuti pencanangan Program Desa Bersih Narkoba (Bersinar) oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) pada Senin, 28 Juni 2021 secara virtual dari Pendopo Ki Gede Sebayu , Senin (28/6) pagi.

Program Bersinar merupakan salah satu upaya berkesinambungan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin menyampaikan dalam sambutannya bahwa peran pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) merupakan mandat pemerintah untuk menjalankan konstitusi melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Peran P4GN ini akan dapat berjalan secara optimal dengan adanya kerja kolaborasi dari kementerian, lembaga, pemerindah daerah dan seluruh komponen masyarakat Indonesia. Kita perlu membangun dan melakukan investasi SDM unggul dengan meningkatkan partisipasi masyarakat dan peran P4GN,  tujuannya agar masyarakat terhindar dari penyalahgunaan narkoba sehingga terwujud masyarakat Indonesia yang sehat, cerdas, bersaing berwawasan kebangsaan dan berahlak  mulia,” papar K.H Ma’ruf Amin.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara virtual memberikan pengarahan langsung bersama Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Purwo Cahyoko kepada perangkat desa atau kelurahan dan BNN daerah di wilayah Jawa Tengah, mengungkapkan bagaimana pihaknya pernah berdialog dengan beberapa pelajar yang pernah mengkonsumsi narkoba.

“Saya berterimakasih karena hari ini sudah menyatakan war on Drugs, perang melawan narkoba,” ujar Ganjar.

Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) Petrus R. Golose menyampaikan bahwa Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2021 mengusung tema nasional  “Perang melawan narkoba (war on drugs) di era pandemi Covid-19 menuju Indonesia bersih narkoba (Bersinar)”.

“Sebagai bentuk sinergitas dengan menitikberatkan pada implementasi rencana aksi kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah, telah dikeluarkan instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika (P4GN) tahun 2020–2024,” ujar Petrus.(Red)