Apps  

Rekomendasi Aplikasi Kompress Video PC, Cara Mudah Hasil Puas

aplikasi kompress video pc

Aplikasi kompress video PC seringkali diperlukan. Hal ini karena sangat bermanfaat untuk menurunkan atau mengecilkan kapasitas video tanpa mengurangi kualitas video.

Sebenarnya tanpa aplikasi kompres video pada PC dapat dilakukan tetapi biasanya video memiliki penyimpanan yang besar sehingga tanpa aplikasi sangat sulit. Bagi pengguna smartphone dengan penyimpanan penuh dan ingin mengedit video mengoperasikan video salah satu solusi tepat.


Berikut ini penjelasan beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk mengoperasikan video di PC secara GRATIS dan video tetap jernih:

1. Format Pabrik

Salah satu rekomendasi pertama aplikasi kompress video PC yang dapat dicoba untuk menurunkan ukuran video yang akan diubah menggunakan Format Factory. Program Aplikasi ini mudah digunakan berbentuk open source.

Aplikasi ini selain untuk mengolah video juga dapat digunakan untuk mengganti format, audio maupun gambar. Aplikasi ini dilengkapi dengan pengaturan menu yang spesifik dari ukuran layar hingga Revolusi video.

Mudahnya jika dirasa hal diatas sulit dimengerti langsung saja mempunyai kualitas dan ukuran video yang pas dengan kebutuhan. Selain itu, kelebihan dari aplikasi format pabrik ini mempunyai opsi mobile untuk mengirimkan video ke perangkat ponsel atau whatsapp.

2. Rem Tangan

Aplikasi kompress video PC lainnya ini yang bernama HandBrake yang mana juga termasuk aplikasi open source sama seperti aplikasi pertama. Kualitas video tetap jernih walaupun sudah di kompres dengan aplikasi ini.

Tidak perlu khawatir terkait jenis PC yang digunakan karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan format pengubah. Selain itu, terdapat kumpulan pilihan output setting untuk menentukan kompres video.

Kelebihan aplikasi ini karena ada pengaturan kompres video di perangkat yang berbeda serta dapat menyeleksi video sesuai dengan judul. HandBrake juga mendukung VCR dan CFR, encoding average bitrate, chapter markers, subtitle dan  constant quality  video untuk di kompres.

3. Avidemux

Salah satu aplikasi kompres video yang direkomendasi selanjutnya ialah Avidemux. Aplikasi gratis ini diperuntukkan untuk kalangan umum, dan terkhusus yang bergelut di dunia video untuk mengedit video yang dimilikinya.

Dimulai dari proses awal pemotongan video hingga encode video. Sehingga, tidak perlu heran jika banyak yang merasa puas dan memuji kinerja aplikas ini.

Aplikasi Avidemux mendukung banyak format video yang dapat dihasilkan, diantaranya seperti MP4, AVI, dan DVD. Apapun jenis laptop/PC dapat dengan mudah aplikasi ini terpasang.

Tata cara mengubah ukuran video online gratis di aplikasi ini sangat mudah. Hanya perlu memilih file video di perangkat yang akan dikompres dan juga memilih beberapa ketentuan yang sesuai dan atur sebaik mungkin.

4. Kompresor Video Canggih

Selanjutnya aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dan sudah banyak pula orang memanfaatkannya untuk mengubah format video yang ada.

Kelebihan aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya yang menyimpan berbagai jenis format video akan dikompres menjadi format lainnya seperti AVI, FLV, MOV, MP4, dan berbagai jenis format lainnya.

Selain itu, terdapat banyak pilihan yang dapat dipertimbangkan untuk mengompres video. Misalnya kapasitas, kualitas gambar atau layar, hingga codec video.

5. Vidcoder

Aplikasi ini sering sekali digunakan oleh para Youtuber, sehingga aplikasi Vidcoder tentu sudah familiar di telinga. Aplikasi satu ini kompress video di PC sudah populer dan dijamin ampuh mengubah ukuran video.

Aplikasi ini memang mudah sekali mengubah atau mengecilkan ukuran video. Namun kualitas gambar dan audio yang dihasilkan setelah dikompres tetap jernih.

Apalagi, jika belum menguasai teknis per editan dengan aplikasi ini dengan baik tidak menjadi permasalahan yang berarti. Dikarenakan aplikasi ini sudah canggih secara otomatis saat proses pengompresan sudah mengubah rate, bitrate, dan berbagai parameter yang dibutuhkan.

Demikian penjelasan mengenai aplikasi kompress video PC yang dapat dipilih salah satu dan dicoba. Aplikasi ini mendukung berbagai jenis PC yang dimiliki pengguna pastinya aplikasi gratis dan kualitas hasil video bagus.