Apps  

Kenali Bagian Bagian Printer Serta Rekomendasi Printer Terbaik

bagian bagian printer

Ketika telah selesai mengerjakan suatu dokumen atau berkas, seringkali hardfile dibutuhkan untuk kepentingan arsip instansi. Printer merupakan mesin pencetak yang pengoperasiannya dihubungkan dengan laptop atau computer. Ada banyak bagian bagian printer yang penting untuk diketahui.

Hal ini diperlukan apabila terdapat salah satu komponen print yang bermasalah dan ingin diganti. Agar awet, penggunaan print harus disesuaikan dengan fungsinya. Berikut terdapat beberapa bagian printer serta rekomendasi print terbaik dan mudah digunakan:


Kenali Komponen Utama Printer

Sebelum mengetahui rekomendasi print, ketahui terlebih dulu komponen yang terdapat di dalam printer. Tujuannya agar pemilik bisa mengenali jika terdapat bagian komponen yang mengalami masalah. Untuk itu, simak ulasan berikut ini:

  • Pertama yaitu Ink Cartridge atau bagian yang sangat vital pada printer. Tanpa Cartridge printer tidak dapat beroperasi sebab fungsi dari komponen ini adalah sebagai tempat tinta printer.
  • Berikutnya adalah PrintHead yang terletak di bawah Cartridge. Fungsinya adalah untuk menggoreskan tinta ke kertas pada saat printer dijalankan. Komponen ini memiliki chips yang terhubung dengan integrated printer agar file cetakan bisa terbaca dengan baik.
  • Sensor Roll memiliki tugas untuk mendeteksi keadaan kertas. Komponen ini terhubung dengan roller printer yang berfungsi untuk menggerakkan kertas ke bawah ketika dalam proses pencetakan.
  • Control Circuit berfungsi sebagai pusat atau pengendali aspek printer saat dioperasikan. Walaupun ukurannya kecil namun komponen ini sangat berperan penting. Printer dan komputer dihubungkan melalui driver printer yang terkoneksi dan diatur oleh Control Circuit.
  • Berikutnya yaitu Paper Tray yang fungsinya masih sejalan dengan Sensor Roll. Komponen ini merupakan wadah kertas yang digunakan untuk mencetak. Apabila Paper Tray mengalami masalah maka akan berpengaruh pada kualitas hasil cetakan.
  • Timming Belt berfungsi menggerakkan cartridge ke kanan dan kiri pada saat pencetakan, scan serta copy file. Komponen ini terletak di bagian dalam printer sehingga tidak terlihat dari luar. Ibaratkan Timming Belt ini merupakan rantai penggerak printer.
  • Terakhir yaitu Casing atau penutup printer yang berfungsi sebagai pelindung komponen yang ada di dalamnya. Tanpa casing, printer akan terlihat kurang dan gampang rusak akibat kotoran maupun air yang masuk ke bagian dalam printer.

Rekomendasi Merk Printer Terbaik

Setelah mengetahui bagian bagian printer, selanjutnya kenali rekomendasi merk printer yang laris dipasaran. Gunakan printer sesuai dengan kebutuhan dan isi dompet. Agar lebih jelasnya simak penjelasan berikut:

  • Pertama yaitu Epson EcoTank L3210 A4-in-One Ink Tank Printer. Apabila ingin melakukan scan, copy dan print dalam watu waktu maka sangat cocok menggunakan merk ini. Selain meningkatkan produktivitas, harganya juga lebih hemat sebab memiliki banyak fungsi.
  • Berikutnya adalah Canon Pixma MG2570 Printer All-in-One. Merk ini menghasilkan cetakan yang berkualitas premium dengan ketegasan yang kontras sehingga bisa digunakan mulai dari pelajar hingga kantoran. Selain itu juga dilengkapi dengan Quite Mode sehingga meminimalisir suara.
  • Bagi yang sering cetak foto atau ingin membuka usaha percetakan foto maka bisa menggunakan Canon Selphy CP1200. Sebab resolusi cetak foto sebesar 300×300 dpi. Hal ini membuat hasil cetakan menjadi tampak nyata dan tegas.
  • Apabila ingin memiliki usaha fotocopy kecil hingga menengah maka dapat membeli printer Epson L360. Harganya yang relatif murah dan bisa digunakan untuk fotocopy sekaligus print.
  • Rekomendasi terakhir yaitu Brother DCP-T420W Printer Ink Tank yang memegang tahta sebagai printer dengan kapasitas cetak tinggi. Adapun kapasitasnya mencapai 5000 halaman berwarna dan 7500 halaman dengan warna hitam dan putih.

Itulah informasi mengenai bagian bagian printer serta rekomendasi printer terbaik. Walaupun ukurannya mungil namun sangat membantu dalam menyelesaikan cetakan hardfile. Fitur yang dimiliki juga sangat canggih sehingga cocok digunakan untuk bisnis usaha.