Cara Membuat Pesan Otomatis di WA tanpa Aplikasi untuk Pelaku Usaha

cara membuat pesan otomatis di wa tanpa aplikasi

Cara membuat pesan otomatis di WA tanpa aplikasi umumnya bisa dilakukan menggunakan aplikasi WhatsApp Bisnis. Namun untuk WhatsApp Reguler tindakan ini belum dapat didukung sehingga masih membutuhkan bantuan pihak ketiga.

Bagi yang belum familiar dengan WhatsApp Bisnis khususnya pada fitur pesan otomatis bisa melihat beberapa langkah berikut. Sementara untuk WhatsApp Reguler langkah menggunakan aplikasi pihak ketiga dalam penerapan fitur tersebut.


Cara Membuat Pesan Otomatis di WA Tanpa Aplikasi

Seperti disinggung pada awal pembuka, ada sejumlah langkah yang dapat diambil. Silahkan perhatikan dengan saksama agar tidak salah saat menerapkan nanti.

  • Langkah pertama, buka Menu Setelan melalui Titik Tiga (di sudut kanan atas) lalu cari Setelan Bisnis dan klik.
  • Langkah selanjutnya klik tautan Pesan di luar jam kerja diikuti dengan mengatur pesan yang akan dikirimkan lewat tombol bertanda pensil.
  • Kemudian tuliskan pesan apa yang ingin dikirim secara otomatis (misal belum aktif atau respon cepat). Selain menulis keterangan, jam kerja turut bisa ditambahkan dengan tujuan agar mengetahui waktu-waktu tertentu.
  • Setelahnya atur kapan jadwal pengiriman pesan apakah itu Selalu Kirim, Jadwal Khusus atau Di luar jam kerja. Masing-masing waktu memiliki maksud tersendiri untuk yang membutuhkan informasi lanjutan.
  • dan Langkah terakhir, atur penerima baik semua orang, kontak yang dikecualikan dan hanya kirim kepada. Apabila semua langkah selesai dilakukan maka langsung saja klik Simpan.

Sebagai informasi, pada pengaturan jadwal kiriman opsi Selalu Kirim untuk keterangan aktif terus menerus. Lalu Jadwal Khusus dipilih kalau-kalau diperlukan pada periode tertentu saja.

Kemudian untuk Di luar jam kerja dimaksudkan pada waktu yang bukan jam kerja. Inilah mengapa jam kerja penting dituliskan terlebih dahulu sebelum mengatur jadwal.

Fitur pesan otomatis pada WA sangat membantu pengguna terlebih pelaku usaha dalam berkomunikasi kepada konsumen. Dimana pesan pembuka, gambar produk yang ditawarkan serta harganya, dan informasi lainnya bisa segera diakses.

Pesan otomatis akan langsung terkirim kepada yang sedang mencari info terkait produk. Meskipun pemilik usaha tengah tidak berada di tempat, pesan tetap bisa dibalas, sehingga tidak memakan waktu lama untuk respon pesan.

Bagaimana Membuat Pesan Otomatis di WA dengan Aplikasi?

Setelah mengintip cara membuat pesan otomatis di WA tanpa aplikasi sebagian pengguna WhatsApp Reguler juga bisa menerapkan fitur. Untuk mengetahui langkah-langkahnya, simak uraian berikut.

  • Pertama lakukan unduhan pihak ketiga bernama Auto Reply lewat platform bawaan di smartphone.
  • Kedua berikan izin aplikasi agar semua proses dalam Auto Reply bisa dijalankan dalam perangkat.
  • Ketiga klik menu plus (memulai chatbot) lalu pada laman selanjutnya pilih WhatsApp Reguler. Kemudian tuliskan pesan kunci sebagai informasi atau balasan. Diambil contoh pesan Hai dengan tautan Exact Match.
  • Keempat buat pesan balasan yang nanti secara otomatis dikirimkan sesuai kebutuhan, setelah itu klik centang. Kelima sekaligus terakhir, cek apakah pesan otomatis sejalan yang diinginkan di laman utama Auto Reply.

Apabila saat dicek pesan otomatis masih belum pas, maka bisa menonaktifkan. Namun seandainya dirasa masih perlu menambah pesan, ikuti langkah sebelumnya termasuk kata kunci.

Dalam Auto Reply, pastikan bahwa aplikasi berjalan pada latar belakang smartphone. Pastikan pula menu di Auto Reply berjalan agar pesan yang dikirimkan dapat tersampaikan pada konsumen.

Jadi, itulah cara membuat pesan otomatis di WA tanpa aplikasi dengan 5 langkah tepat. Di samping itu, WhatsApp Reguler juga bisa menerapkan fitur pesan otomatis melalui Auto Reply yang dapat diunduh dari platform bawaan.