7 Alasan Mengapa Seseorang Berinvestasi di Pasar Modal Itu Perlu? Ternyata Bisa Bertahan dari Inflasi!

mengapa seseorang berinvestasi di pasar modal
7 Alasan Mengapa Seseorang Berinvestasi di Pasar Modal Itu Perlu? Ternyata Bisa Bertahan dari Inflasi! | Image by: freepik (Ilustrasi)

Mirip dengan film laga agen pemerintah James Bond 007, berikut ini 7 alasan mengapa seseorang berinvestasi di pasar modal yang wajib kamu tahu.

Alasan Mengapa Seseorang Berinvestasi di Pasar Modal Itu Perlu?

Banyak yang bertanya mengapa seseorang berinvestasi di pasar modal? Untuk mempersiapkan diri dengan baik, kita perlu mengelola dana yang kita miliki agar dapat meningkat lebih dari kenaikan harga dan kebutuhan hidup kita.


Bisa Bertahan dari Inflasi, Mengapa Seseorang Berinvestasi di Pasar Modal?

Kebutuhan hidup selalu bertambah seiring berjalannya waktu, mengikuti siklus kehidupan. Demikian juga harga barang dan jasa selalu naik.

Untuk itulah, banyak dari jawaban mengenai mengapa seseorang berinvestasi di pasar modal itu.

1. Bertahan dari inflasi

Inflasi atau kenaikan harga barang meningkat rata-rata 6%-8% per tahun. Hal ini menyebabkan nilai uang yang kamu miliki menjadi berkurang. kamu harus pintar mengatur strategi agar uang kamu tidak tergerus inflasi.

2. Modal investasi rendah

Tidak perlu modal besar untuk berinvestasi di pasar modal. Hanya dengan modal Rp 100.000, kamu sudah bisa berinvestasi di saham dan reksa dana.

Kamu dapat memiliki saham perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia hanya dengan modal investasi yang rendah dan terjangkau.

3. Biaya pendidikan anak usia dini

Kita perlu mempersiapkan biaya pendidikan anak-anak kita sejak dini. Bahkan, biaya pendidikan meningkat lebih dari tingkat inflasi yang rata-rata 15% setiap tahunnya. kamu perlu mempersiapkan dana untuk pendidikan anak sesegera mungkin.

4. Biaya pensiun

Siapa yang tidak ingin bahagia di masa pensiun. Mempersiapkan dana untuk masa pensiun sangatlah penting dan harus dimulai dari sekarang.

Kebutuhan akan biaya kesehatan yang terus meningkat menjadi pertimbangan dalam mempersiapkan dana pensiun dengan baik.

5. Penghasilan pasif

Investasi bisa kamu jadikan sebagai sarana untuk mendapatkan pendapatan pasif selain pendapatan harian yang kamu peroleh.

Dengan memiliki 2 sumber penghasilan maka dana yang kamu miliki akan bertambah.

6. Semakin cepat kamu memulai, semakin banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan

Ikan gabus, lebih cepat lebih baik. Ternyata puisi ini benar adanya. Semakin cepat kamu mulai berinvestasi, semakin tinggi keuntungan yang bisa didapat.

Kenaikan harga saham dan efek bunga majemuk pada investasi kamu akan memberikan dividen dalam jangka panjang.

7. Diversifikasi usaha

Berinvestasi pada beberapa instrumen akan memberikan keamanan pada dana investasi kamu.

Seperti yang pernah dikatakan Warren Buffett, “Jangan menaruh telur kamu di keranjang yang sama.”

Penutup

Dengan mengetahui alasan mengapa seseorang berinvestasi di pasar modal, maka bisa memudahkanmu untuk melakukan investasi selanjutnya.